Material Produk Jilbab / Kerudung dan Gamis

JILBAB/KERUDUNG dan GAMIS

Produk ini begitu ramai dibutuhkan kaum wanita dalam beraktivitas didalam / diluar ruangan. Ragam jilbab/kerudung dan gamis sudah sangat banyak dan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda, agar nyaman ketika digunakan sebaiknya memilih material yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, berikut kami informasikan penjelasan beberapa material yang umum digunakan pada produk jilbab/kerudung dan gamis. 

 

  • SIFON / CHIFFON

Chiffon merupakan kain yang sudah digunakan pada tahun 1902 terbuat dari serat kapas, sutra dan polyester/serat sintetis.  Jenis kain ini memiliki karakteristik ringan, lembut, transparan, tidak mudah kusut dan panas ketika digunakan. Untuk bahan kerudung biasanya dikombinasikan dengan ciput dari bahan kaos, agar tidak terlalu panas ketika digunakannya. Sayangnya pashmina dari bahan chiffon yang memiliki tekstur tipis ini sangat mudah sobek, sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan bahan kain lainnya.

Meskipun demikian bahan kain kerudung ini cukup banyak di gemari oleh kaum hawa karena sifatnya yang ringan dan nge-flow. Kain sifon juga mempunyai banyak jenis diantaranya sifon polos ( yang biasanya terbuat dari bahan polyster /minyak bumi ) dan jenis sifon cerutti (dari bahan sutra). Bahan kain kerudung ini selain di gunakan untuk bahan kerudung, di gunakan untuk bahan dasar membuat pakaian wanita.

 

  • HYCON

Kain Hycon memiliki sifat lebih lembut juga tidak begitu licin dibandingkan dengan kain Sifon. Sekilas kain ini tampak terlihat dengan kain Sifon, kain ini dalam pemakaian kerudung/jilbab biasanya dilapisi ciput sebelum ditambahkan Hycon.

 

  • VOILE

Kain jenis ini terbuat dari bahan kapas / katun tapi ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra maupun polyester. Jenis kain kerudung ini memiliki sifat hampir sama dengan bahan kerudung Hycon, yaitu sama – sama memiliki sifat halus dan lembut, kain kerudung ini sangat cocok di gunakan waktu siang hari dan penggunaan nya pun harus menggunakan inner, meskipun demikian jenis kain kerudung ini memiliki sifat tidak lentur.

 

  • SUTRA

Seperti yang telah disebutkan di atas, kain kerudung ini memiliki sifat tipis dan lembut sehingga kain kerudung jenis ini tergolong cukup mahal di bandingkan dengan kain kerudung jenis lain.

 

  • SPANDEX

Seperti yang telah disebutkan di atas, kain ini juga cukup mudah dalam proses pencuciannya, jenis kain kerudung ini banyak jenisnya dan yang paling menarik dari jenis kain ini adanya efek mengkilap, meskipun tidak semua jenis kain kerudung spandek memiliki efek mengkilap. Biasanya dalam penamaannya menjadi Katun Spandex.

 

  • CERUTY

Jenis kain ini memiliki tekstur yang elastis, karena dalam bahan dasarnya kain ini mengandung bahan Sutra yang lembut, sehingga kain kerudung jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan, tekstrur kain kerudung ini seperti kulit jeruk.

 

  • WOOLPEACH / WOLFIS

Kain wolvis biasanya disebut dengan kain Arab, karena kain ini sering digunakan sebagai bahan jubah atau busana syar’i. Penyebutan dan penulisan kain ini pun beraneka ragam, ada yang menyebut kain wollpeach, wollpeach, wolfis, ataupun wolvis. Sebenarnya sama saja, di Indonesia penyebutannya menggunakan kata wolvis. Biasanya kain ini terbuat dari serat alami seperti sutra dan katun maupun serat sintetis, bahkan campuran keduanya. Kain wolvis termasuk jenis kain Sifon tetapi tidak melalui proses lining.

 

  • JET BLACK

Kain jetblack merupakan jenis kain yang memiliki permukaan polos dengan karakteristik ringan, lembut, dingin, dan tidak transparan. Jenis kain ini hanya tersedia dalam satu warna saja yaitu warna hitam. Warna hitam yang dituangkan lebih pekat dari warna hitam bahan woolpeach. Namun karena bahan jetblack dituangkan zat khusus jetblack, menjadikan bahan ini hitam legam tetap adem dipakai walau warna kain hitam. Biasanya digunakan untuk pembuatan Jubah di wilayah timur tengah dan Blazer.

 

  • SANTUNG / SHANTUNG

Kain Shantung (santung atau santhung) memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan dingin. Kain ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan, dari yang tipis hingga tebal. Kain shantung terbuat terbuat dari serat katun, dan terkadang dicampur dengan serat sintetis. Namun kain shantung tidak sekuat kain full serat katun. Banyak jenis kain yang bisa digunakan untuk batik, salah satunya kain shantung. Pemilihan kain untuk membatik sering dikaitkan dengan kepentingan, siapa pemakainya, serta biaya yang dianggarkan. Bahan kain ini biasanya banyak digunakan untuk bahan kain batik printing. Banyak juga yang memanfaatkan kain shantung putih polos sebagai bahan kain batik cap maupun batik tulis. Karena harga yang terjangkau dan kain yang nyaman saat dikenakan.

  • SERENA

Kain Serena adalah bahan kaos yang sering digunakan untuk membuat kaos olahraga, tim futsal. Kain ini termasuk jenis kain Jersey. Kain serena memiliki tekstur yang lembut dan padat dengan berat jenis sekitar 0.21kg/m2 sehingga nyaman dipakai. Bahan ini dipilih karena harga bahan serena lebih murah dibandingkan bahan dry fit. Jenis Serena ada yang Serena Super (kualitas yang paling baik) dan Climacool (mengadopsi teknologi dari Nike atau Adidas yang adem dapat mudah kering).

  • YORIS

Bahan lebih tebal dari Wollpeach, adem seperti memakai katun, seratnya terlihat lebih timbul kotak-kotak

  • KASANDRA / GERIMIS

Kain cassandra terbuat dari serat sintetis yaitu polyester dengan lebar 150 cm, memiliki serat bahan yang halus, lembut, jatuh, dan nyaman untuk dijadikan jubah dan busana syar'i baik untuk busana formal dan untuk dikenakan sehari-hari. Kain ini juga digunakan untuk membuat abaya, gamis, dan jilbab.

Di Indonesia kain ini biasa disebut kain Kasandra atau kain gerimis (montana gerimis). Kain ini mempunyai tekstur kain garis putus-putus panjang yang mirip seperti gerimis, sehingga dinamakan dengan kain gerimis. Kualitas dan harganya hampir sama dengan sutra china, namun kain cassandra tidak mengkilap. Namun beberapa pabrik kain membuat kain cassandra yang nampak seperti sutra, memiliki tekstur yang licin dan agak mengkilap. Koleksi warna kain cassandra sangat beraneka ragam sepeti kain wolvis, diantara warnanya yaitu merah marun, merah hati, ungu, biru dongker, abu-abu tua, coklat, coklat susu, dan lain sebagainya. Mengenai harga memang kain cassandra lebih mahal dari bahan wolvis.

  • SUTRA CHINA

Kain ini impor dari China sifatnya halus, lembut, dingin, empuk, tapi bukan dari benang sutra kepompong ulat Sutra. Untuk jenis bahan ini harus hati2 dalam menyetrikanya, karena tdk tahan dgn panas setrika. baiknya diposisikan membalik bahan atau mengalas dgn bahan lain jika ingin menyetrika.

  • WOLLYCREEPE

Kain Wollycreepe Seperti kain Woll peach tapi memiliki tekstur seperti ada pasirnya waktu dipegang.

  • KELLY

Bahan Kelly memiliki sifat langsung jatuh ketika digunakan. Menyerap keringat, tidak mudah kusut dan sangat nyaman digunakan. Sehingga harganya pun cukup bersaing. Banyak juga digunakan untuk membuat pakaian muslim.

  • SANWOS

Sanwos yaitu bahan kain mirip seperti sutra sifatnya licin, lembut, mengkilap dan adem namun sedikit lebih tebal dari kain sutra

  • BSY

BSY ( Bi Shrinkage Yarn), Terbuat dari dua jenis poliester filamen yang mempunyai tingkat ke susutan yang berbeda sehingga saat proses finishing bahan saat bahan basah pada suhu tinggi ( 100 c) tenunan akan menyusut berbeda sehingga menimbulkan bahan yang lembut di sentuh dan terasa "berdaging" tebal berisi. Contoh Bahan ini adalah bahan batik yang non katun dan non sutra.

 

  • ABUTAI

Abutai merupakan kain yang terbuat dari serat Polyester dengan bahan tipis dan ringan, sejenis parasut sedikit kusut.  Sekarang sering dipakai untuk Mukena travelling karena jenisnya yang tipis dan ringan sehingga muat dikemas dalam tas kecil. Kain ini biasa digunakan sebagai bahan pelapis bagian dalam tas, jaket, serta mukena travelling baik untuk anak-anak maupun orang dewasa karena dirasa praktis dan mudah dikemas dalam tas berukuran kecil sekalipun.

 

  • PLATT

Platt merupakan kain dengan tipe anyaman yang biasa digunakan untuk atasan seperti kemeja atau koko. Anyamannya menyerupai anyaman ketupat saling tindih berganti antara yang malang dan yang melintang.